NINJA 250R VS MAGELLI 250 RV


Anonim | Kamis, Januari 06, 2011 | ,

Baru setahun merilis Minerva Megelli Sachs 250R, belum lama ini PT Minerva Motor Indonesia (MMI) kembali ngeluarin versi terbaru Megelli 250 (RE & RV) dengan mesin anyar 250 cc berpendingin cair alias pakai radiator. Tak heran bila langkah MMI ini kontan saja mengundang reaksi para pemilik Megelli generasi lama.




Pasalnya kalau cuma ganti mesin, tapi performanya masih sama saja sih mungkin enggak begitu masalah bagi mereka. Ini justru terjadi perbaikan tenaga yang cukup signifikan. Semula max powernya (Megelli 250R) hanya sekitar 20 dk, kini pada mesin generasi kedua (RE & RV) itu bisa mencapai 26 dk / 8.500 rpm. Sementara torsi maksimum mencapai 22,8 Nm / 7.000 rpm.

Malah sumber lain menyebutkan kalau tenaga puncak yang terukur pada kruk as mesin generasi baru yang konon hasil kolaborasi Sachs Jerman dengan sebuah R&D mesin asal Italia, Progetti Sviluppo tersebut, tembus 27,22 dk di putaran 9.200 rpm. Sementara torsi max mencapai 17,2 lb.ft atau sekitar 23,3 Nm di putaran 7.700 rpm.
Megelli seri II bisa dibilang nyaris mendekati performa rival sekelasnya, Kawasaki Ninja 250R yang notabene mesinnya sudah berkonvigurasi 2 silinder segaris plus didukung teknologi DOHC (masing-masing silinder dijejali 4 buah valve). Oleh pabrikannya dapur pacu Ninja 250 diklaim mampu membukukan power maksimum 31,38 dk / 11.000 rpm dan torsi puncak 22 Nm / 9.500 rpm.

Memang sih di atas kerta tenaga maksimum Ninja masih lebih tinggi 4 – 5 dk dari Megelli 250 RE & RV. Namun untuk torsi puncak, Megelli masih unggul sekitar 1 Nm. Apalagi torsi segitu didapat pada putaran mesin yang lebih rendah dari Ninja 250R. Sehingga bukan tidak mungkin, kemampuan akselerasi di putaran bawahnya bakal lebih mantap Megelli atau minimal setara. Apalagi bobot Megelli lebih enteng sekitar 17 kg dibanding Ninja 250R yang berat kosongnya mencapai 152 kg.

spesifikasi :




Megelli 250 RV >>> Ninja 250 R

Mesin Tipe 4-tak 4 valve, OHC >>> 4-tak DOHC, 8 valve
Sistem pendingin Cair (radiator) >>> Cair (radiator)
Jumlah silinder 1 silinder 2 silinder
Kapasitas murni 249,6 cc >>> 249 cc
Rasio kompresi 11:1 >>> 11,6:1
Max power 26 dk / 8.500 rpm >>> 31,38 dk / 11.000 rpm
Max torque 22,8 Nm / 7.000 rpm >>> 22,0 Nm / 9.500 rpm
Sistem pelumasan wet sump >>> wet sump
Fuel Grade Unleaded >>> Unleaded
Sistem Kopling Basah >>> Basah
Transmisi 6 – speed 6 – speed
Pengoperasian 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 >>> 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
Sistem pengapian CDI >>> TCI
sistem start Elektrik >>> Elektrik
Sistem bahan bakar Karburator, TK MV34 >>> Karburator, Keihin CVK30 x 2
Sasis Tipe Multi twin sparTrellis Configuration >>> Tubular, Diamond
Rear swing arm T6 Alumunium Trellis >>> Unitrack
Suspensi belakang Fast Ace Upside down >>> Teleskopik
Sokbreker belakang Fast ace, Monosok >>> Monosok
Tinggi jok 800 mm >>> 775 mm
Wheelbase 1.350 mm >>> 1.400 mm
pelek depan Rim alumunium 2,75 x 17″ >>> 2,75 x 17″
Pelek belakang Rim alumunium 3,50 x 17″ >>> 3,50 x 17″
Ban depan 100/70-17 tubeless >>> 100/70-17 tubeless
Ban belakang 130/70-17 tubeless >>> 130/70-17 tubeless
Berat kosong 135 kg >>> 152 kg
Spidometer Koso >>> OEM Japan
Data akselerasi Megelli 250 RV >>> Kawasaki ninja 250R
0 – 60 km/jam 3,7 detik >>>> 3,2 detik
0 – 100 km/jam 9,6 detik >>>> 8,1 detik
0 – 201 meter 10,7 detik >>> 10 detik
0 – 402 meer 17,1 detik >>> 16 detik
Top speed 157 km/jam >>> 160 km/jam

0 komentar:

Posting Komentar

 
revo_blitar © 2012 Design by Best Game Blogger Templates | Sponsored by HQ Wallpapers