Suzuki Sang Pioner
Sejujurnya, pembuka jalan motor berkapasitas di atas 200 cc adalah Suzuki dengan Thunder 250 yang dilansir menjelang tahun 2000. Sayang, usianya tidak lama dan posisinya diganti Thunder 125 cc pada 2004. Peralihan ini disadari oleh PT Indomobil Niaga International (IMNI) karena konsumen roda dua lebih doyan jenis sport ber cc kecil.
Suzuki Thunder 250 cc mengandalkan bodi murni sport kota yang produksinya dihentikan bukan karena tidak mencapai target. Tapi, bikers tanah air menginginkan lebih. Nggak sekadar dapur pacunya yang seperempat liter. “Desain bodi mesti mewakili CC besar, tapi mesin mudah dikendalikan,” tegas Hyugo.
Sang pioner, PT IMNI tampaknya semangat kembali untuk menghidupkan legenda Thunder 250. Malah, infonya mesin Thunder bergaya cruiser. Mengingat varian FXR150 sempat merebut hati konsumen, kemungkinan hadirnya Suzuki GS250F, gabungan Suzuki Bandit plus fairing GSX-R.
Kabar ini pun dikomentari Ali JTC di milis, ”Mang bagusnya kalo dikeluarin buat 2 kelas sekalian buat 250 CC. Basis GZ ama basis GSF bisa tuh buat diluncurin. Kan bisa lah dibikin buat beda kelas, soalnya jeroan ama teknologinya juga udah beda. Apalagi Suzuki kan udah bangun pabrik baru, kalo ngga salah emang disiapin buat maen (CKD) moge. Kalo cuman fairing ama printil2 yang kecil sih bagusan pake lokal aja, biar makin murah. Asal satu, jangan keluarin thunder250 dengan bentuk aselinya yang choper. Bentuk begitu kaga demen ama macet!. Mendingan ganti bedak aja”.
Yamaha dan Honda Juga Siapkan Motor 250 CC
Dari pengalaman Kawasaki, Honda sudah siap mengambil ancang-ancang dengan senjata barunya. Konon, September mendatang akan melemparkan motor sport 250 cc. “Pasar 250 cc memang ada, tapi nggak sebesar sportr dengan kapasitas mesin
di bawahnya. Honda akan menjual 250 cc, mungkin dengan CBU,” tegas Johannes Lo
man, Direktur marketing PT Astra Honda Motor (AHM). Kalau diterka-terka, AHM sepertinya akan memasukkan Honda Twister. Mesinnya berteknologi DOHC dan sudah banyak
dipakai di Eropa dan Singapura.
Yamaha rupanya juga sudah mempersiapkan diri. Kabarnya, PT YMKI akan menembakkan Fazer 250 ke pasar Indonesia dan sedang diuji kelayakannya. Fazer ini akan melengkapi dominasi pabrikan garputala yang telah memiliki dua motor sport, V-ixion dan Scorpio.
Spesifikasi
CBX 250 Twister
Engine | Single Cylinder - Air-cooled 4-stroke 4-valve DOHC |
Capacity | 249cc |
Max Power | 24 bhp @ 8000rpm |
Max Torque | 2.48 Kgm @ 6000rpm |
Power to weight ratio | 131.5bhp / tonne |
Max Speed claim | 134 kmh |
Yamaha Fazer 250
Engine = 4 stroke SOHC | Transmission = 5 speed |
Engine Capacity = 249.0 cc | Max Power: 21bhp @ 7500 rpm |
Max Torque: 20.5926 NM / 2.10 kgm @ 6500 rpm | Compression: 9.80:1 |
Bore x Stroke: 74.0 x 58.0 | Dry Weight: 134 kg |
Pulsar 220
Engine: | 220 cc |
Maximum Power: | 20.06ps@8500rpm |
Maximum Torque: | 19.12nm@6000rpm |
Gears: | 5 Speed |
Clutch: | 177 |
Bore: | 67 |
Stroke: | 62.4 |
Ninja 250 R 2008
Displacement: | 249cc |
Engine: | Four-stroke, DOHC |
Maximum Power: | 31 Bhp@10500rpm |
Maximum Torque: | 22 Nm@9,500 rpm |
Gears: | 6 Manual |
Clutch: | 0 |
Bore: | 62 |
Stroke: | 41.2 |
GSF 250 Bandit
Engine Type | 248 cc, 4 Stroke - Air Cooled - Inline Four |
Engine Bore and Stroke | 49 mm x 33 mm |
Valves 4 valves/cylinder | |
Claimed Horsepower | 38 hp (28.3 kW) @ 14000 rpm |
Maximum Torque | 25 Nm (18.4 ft. lbs) @ 10000 rpm Transmission type |
6 speed |
0 komentar:
Posting Komentar