Seting (dalam segala aspek dan bidang) selalu menjadi hal yang menarik. Utamanya di Bolabasket, tapi pengabutan motor juga kental dengan gambaran hidup dan setingannya. Semuanya bisa berubah-ubah dan diubah sesuai dengan keadaan pada saat tertentu. Dana, data dan juga ketersediaan barang menjadi penentunya. Ini juga yang menjadi alasan kenapa rambut dan bentuk badan saya selalu berubah sesuai situasi pada waktu tertentu.Dasarnya memang penasaran aja sih, beberapa model karbu motor saya coba colok bergantian di rentang waktu yang berbeda-beda.
Keihin PE-28
Pertamanya karbu bawaan Suzuki Satria F150 Mikuni BS26 saya ganti dengan Keihin PE28. Jeting sebentar dan dapet paling enak di pilot jet 38 – main jet 118. Jauh lebih responsif dan memang juga pastinya jauh lebih boros (bervariasi tergantung cara bawa motor).
Dari putaran mesin rendah sampai atas enak aja responnya. Langsam agak bermasalah terutama kalau udah jalan lama. Mungkin karena idle jet yang ujung puterannya kuning (Sudco punya warnanya hitam) udah dipotong dikit supaya gak mentok rangka kanan epyu.
Koso-28
Ada yang jual 2ndnya nih, cepet2 aja saya ambil pas lagi ada dananya juga kebetulan. Weits jeting yang di PE ternyata blebek (terlalu basah/kaya) dicolok langsung di Koso ini. Busi pada item dan gak enak banget dibawa buat harian. Jeting sana-sini dapet minta turun terus sampe di paling pas PJ 35 dan MJ 105.
Ini aja masih blebek tengahnya, pindahin klip jarum ke paling atas baru enak buat harian. Seting angin coba sana dan puter sini, dapet deh merah bata warna businya. Langsamnya juga lebih stabil nih karbu. Ampun dah, pantesan pada bilang irit pake ini . Memang bawaannya udah ada power jetnya sih, tapi jeting minta kecil ini yang saya pikir bikin lebih irit (sekali lagi bervariasi tergantung cara puntir gasnya). Bawahnya lebih lemot dikit dibanding PE28, tapi nafas atasnya panjang aja!
PWK-28 Japan
Lagi enak pake Koso tau2 ada yang mo lepas Keihin PWK28 tangan kedua (pengen mode: ON). Nah, ini bikin nyonya agak melotot matanya. Harga bekasnya aja masih 2x karbu-karbu (PE Thai dan Koso) saya sebelum ini. Setelah berusaha keras, akhirnya angkut ni PWK jepang punya.
Tiap hari abis evaluasi latihan (kerjaan) bentar, gonta-ganti spuyer. Jeting dapet di PJ 38 dan MJ 115 dengan klip jarum di #2 dari atas. Sesuaikan angin dikit, dapet deh busi merah bata. Performa di putaran (mesin) bawah enak bgt. Per kopling masih std aja mongtor di jamin nyundul2. Gak salah kalau ada suhu2 (teman2 yang banyak memberi info tentang motor) bilang ni karbu kuda jingkrak.
PWK-28 Sudco
Jatuh cintalah sama seri PWK Keihin ini. Cari tahu sana-sini eh ada yang keluaran Sudco. Harga barunya mahal bets, membuat saya gak berani bilang sama istri kalau niat angkut ni karbu.
Colok langsung spuyer se-setelan angin dan jarumnya. Sama plek-plek! Wuuuss… Ngacir, gak pake jeting sana-sini lagi. Tapi busi warnanya jadi lebih terang (lean). Wew, bisa naik lagi ni jets, pikir saya. Colokin PJ 40 ngacir loncat enak, coba 42 gak ada tanda-tanda kebasahan. Coba 45 suara knalpot lebih ngebas tapi gak ada tanda-tanda blebek-brebet gitu. Jauh banget nih rentang toleransinya buat harian (buat balap harus dicari presisinya).
Main jetnya gitu juga gak ya? Colokin 118 gak masalah, 120 oke aja.. 122 harus diurut bener bukaan gasnya (kalau ngga, akan brebet dikit banget) demikian juga dengan 125. Tapi intinya masih bisa dibawa harian enak dan terasa bertenaga (ngisi) banget. Nafas atasnya ada aja terus. Mungkin ini juga yang menjadi alasan MJ bawaannya 135. Rentang brebet dan blebegnya jauh aja. Udah ah, PJ 40 – MJ 120 aja yang dipasang buat hari-hari. Tarikan bersih, ngisi dan nyaman layaknya kuda besi harian lainnya
0 komentar:
Posting Komentar